Prasyarat Sukses

Setidaknya ada empat prasyarat sukses bagi seseorang yang hidupnya ingin meningkat, maju dan lebih sejahtera :

  1. Percaya Diri
  2. Pandai Komunikasi
  3. Daya Juang Tinggi
  4. Kompetensi Inti

Tips :

  1. Cara membangun rasa percaya diri antara lain mencoba menggunakan “seni panggung” untuk bernyanyi atau sekedar menjadi pembawa acara, menjadi pembaca puisi, deklamasi, ikut bermain drama atau sandiwara, pantomim, penari, dll. Percaya diri sangat dibutuhkan bagi suatu kesuksesan diri. Bagaimana bisa orang lain mau percaya terhadap diri kita sendiri jika kita sendiri tidak percaya terhadap diri kita sendiri.Cara berikutnya adalah gemar melakukan “silaturahmi” terhadap saudara terdekat sampai saudarah terjauh, dari teman dekat sampai pandai mencari sahabat baru. Tidak ada tokoh sukses yang tidak punya rasa percaya diri.
  2. Kepandaian berkomunikasi bisa diasah dengan sering “berdiskusi” secara nonformal antar teman, mau melakukan “presentasi” / berorasi / kampanye, bersedia menjadi juru bicara / berdiplomasi, mau menjadi narasumber walau dalam sekup yang kecil, mau azan, mau jadi khotib, belajar bernyanyi walau sekedar di ruang karaoke, dst. Tidak ada tokoh sukses yang tidak memiliki kemampuan berkomunikasi.
  3. Daya juang tinggi bisa muncul karena jam terbang dan sering melakukan latihan. Cara terbaik dan termudah adalah melalui belajar “berorganisasi” di kampus atau di sekitar kita tinggal, serta “belajar menjadi sales” di sebuah perusahaan ternama yang produknya masih berhubungan dengan keilmuan kita. Sering “ikut perlombaan” atau ikut kompetisi juga akan mengasah munculnya daya juang kita secara sportif. Munculnya daya juang lebih karena praktek / empiris bukan teori / rasionalis belaka. Orang yang berdaya juang tinggi tidak tidak mudah putus asa dan tidak mudah patah semangat.Tidak ada tokoh sukses yang tidak punya daya juang tinggi.
  4. Cara terbaik untuk meningkatkan kompetensi inti adalah selalu “fokus dalam setiap aktifitas”, “fokus dalam belajar” dan “fokus dalam berlatih”. Tidah mudah ragu dan beralih pada jenis aktifitas lain. “Cari mentor sukses pada bidang yang sama”, bangun komunikasi dan seringlah bersilaturahmi dengannya. Tidak ada tokoh sukses yang tidak menguasai kompetensi inti.
Supported by : Lembaga Tes Bakat Sidikjari DMI
.
.

——————————————————————————–

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s